Istimewanya Soto Gading Solo, Kuliner Mewah Harga Merakyat

Di bagian Solo sebelah selatan terdapat warung soto yang menjadi tempat makan favorit para pejabat. Obyek wisata kuliner ini dikenal dengan nama sebutan Soto Gading. Nama tersebut disebabkan karena lokasinya berada di daerah Gading. Lokasinya cukup dekat dengan Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan.

Karena begitu nikmatnya Soto Gading, hingga warung ini sudah dari dulu menjadi langganan presiden dan para pejabat negara. Bahkan, sebelum menjadi presiden, Jokowi sudah sering mampir ke Soto Gading. Selain itu bukan hanya Jokowi, tapi nama tenar lainnya juga sudah pernah merasakan kelezatan dari Soto Gading.

Harga yang murah

Walaupun ketenarannya tidak diragukan lagi, Soto Gading memiliki harga yang terjangkau. Untuk menikmati kelezatan dari satu porsi Soto Gading, traveler hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5 ribuan saja untuk soto ayam, dan soto sapi sebesar Rp 13 ribuan.

Sedangkan untuk berbagai jenis lauk, di banderol dengan harga seribuan hingga Rp 14 ribuan bergantung dari varian lauk yang traveler ambil. Semua memiliki cita rasa yang lezat, selalu menggugah selera.

Soto Gading sangat cocok dijadikan sebagai santapan pagi. Warung Soto Gading sudah buka dari jam 6 pagi. Tetapi jangan datang terlalu sore karena biasanya soto ini sudah habis dari pukul 4 sore. Biasanya, warung soto ini memang lebih ramai pada pagi dan siang hari.

Kelezatan yang tidak tergantikan

Sajian Soto Gading ini menggunakan kuah yang kental namun tetap bening. Saat masuk ke mulut, rasa kaldu ayam begitu terasa, apalagi ditambah dengan sensasi minyaknya. Atmosfer dalam warung sangat akrab dan hangat, membuat siapa saja akan semakin lahap menikmati seluruh santapan.

Bagi traveler yang belum puas jika hanya menikmati Soto Gading, traveler bisa mencoba berbagai lauk sebagai pelengkap. Traveler bisa memilih menu lauk seperti sate uritan, empal, perkedel, lumpia, bakwan udang, krupuk tenggiri, krupuk plastik, rambak kulit, tahu, tempe, jeroan dan yang lainnya.

Lokasi Soto Gading

Soto Gading berlokasi di Jalan Brigjend Sudiarto 75 Solo. Untuk sampai di warung Soto Gading ini, traveler dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum seperti ojek online, taksi, becak hingga angkutan kota yang biasanya lewat di depan Soto Gading.

Bagi pelancong dan penggemar wisata kuliner dari luar daerah, memang tidak terlalu banyak hotel di Solo yang lokasinya dekat dengan Soto Gading. Namun tak perlu bingung dan resah karena ada bus jurusan Sukoharjo yang dapat diminta berhenti tepat di depan Soto Gading.