Menikmati Nuansa Spiritual di Makam Ki Ageng Sutowijoyo Sukoharjo Solo

Wisata religi sepertinya tak akan habis karena Indonesia memiliki segudang destinasi terbaik dan salah satunya adalah Makam Ki Ageng Sutowijoyo yang berlokasi di Sukoharjo, Solo. Tempat wisata Solo memang menarik perhatian pelancong lokal hingga mancanegara, sehingga tak heran saat musim liburan tiba banyak turis datang untuk melihat keunikan wisata-wisata religi di Solo.

Makam Ki Ageng Sutowijoyo memang sudah lama menjadi spot wisata religi bernuansa Islami. Tidak sedikit pelancong yang masih belum memahami bagaimana deskripsi spot wisata satu ini. Kemudian apa saja yang bisa diperoleh saat berkunjung ke Makam Ki Ageng Sutowijoyo.

Sekilas tentang Makan Ki Ageng Sutowijoyo

Wisata religi di Makam Ki Ageng Sutowijoyo, Sukoharjo Solo menjadi suatu kegiatan menarik dimana traveler bisa melihat makam dari sosok Ki Ageng Sutawijaya yang banyak dikenal warga kota Solo. Sosok Ki Ageng Sutowijoyo sendiri adalah keturunan Prabu Brawijaya V yang pada masa Kerajaan Majapahit meninggalkan istana hingga melarikan diri bersama saudaranya.

Dikisahkan dalam pelariannya, Ki Ageng Sutowijoyo sempat berjumpa dengan Sunan Kalijaga lalu berguru pada Sunan Tembayat. Dari situ Ki Ageng Sutowijoyo ikut berperan menyebarkan Islam sesuai perintah dari Sunan Kalijaga.

Bangunan Masjid Ki Ageng Sutowijowo menjadi tempat bersejarah bahkan dari segi usianya dibangun pada tahun 1587-1653M. Berbagai macam peninggalan Ki Ageng Sutawijoyo masih bisa wisatawan lihat terutama dalam tradisi pengajian masyarakat ditambah tradisi sadranan yang diadakan di sekitar halaman Masjid.

Fasilitas dan lokasi

Untuk sektor fasilitasnya juga terbilang cukup lengkap mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, kamar mandi, sampai beberapa rumah penginapan di sekitar Masjid. Sehingga para peziarah bisa menikmati suasana berwisata religi di Makam Ki Ageng Sutowijoyo dengan nyaman.

Destinasi wisata religi ini berlokasi di puncak bukit atau sederet dengan Pengunungan Kendeng Kidul, Desa Majasto, Tawangsari, Sukorharjo, Solo. Wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 10 km dari pusat kota Sukoharjo. Akses transportasinya sangat fleksibel bisa memakai kendaraan pirbadi hingga kendaraan umum.

Tips Wisata

Agar bisa menikmati Susana di Makam Ki Ageng Sutowijoyo, berkunjunglah pada musim panas agar hujan tidak akan jadi kendala. Karena lingkungan sekitar makam terbilang cukup terbuka.

Menikmati sensasi liburan dan wisata religi Makam Ki Ageng Sutowijoyo, Sukoharjo, Solo bisa menghadirkan aroma spiritual berbeda dari biasanya. Tapi yang lebih penting lagi traveler akan mendapat berbagai kisah sejarah dari Ki Ageng Sutowijoyo dan menikmati suasana budaya khas pedesaan di sekitar makam.