Menyaksikan Keunikan Atraksi Air Mancur Menari di Taman Pelangi Jurug Solo

Jurug, merupakan sebuah kawasan wisata yang dulu lebih dikenal dengan kebun binatangnya. Tapi untuk saat ini Jurug juga sangat kondang dengan wahana wisata terbarunya yaitu Taman Pelangi. Obyek wisata alam yang memadukan konsep wisata hiburan keluarga ini terletak di komplek Taman Satwa Taru Jurug di Jl. Ir. Sutami 10.

Harga tiket dan jam operasional

Taman Pelangi Jurug buka dari jam 16:00 hingga 22:00 WIB untuk setiap hari Senin sampai Kamis. Tetapi untuk hari Jum’at hingga Minggu dan hari libur, jadwal bukanya hingga pukul 23:00 WIB. Sedangkan harga tiketnya Rp. 20.000 untuk hari biasa dan Rp. 25.000 untuk hari Jum’at, Sabtu, Minggu dan hari libur.

Destinasi wisata ini memang hanya buka saat sore hingga malam hari saja, karena kecantikan dan keindahannya akan lebih sempurna terpancar ketika hari mulai gelap. Untuk pengunjung dari luar daerah atau luar kota tidak perlu takut dan resah, karena banyak sekali hotel di Solo  yang bisa dipilih untuk menginap.

Daya tarik utama

Daya tarik utama dari Taman Pelangi Jurug adalah berupa pertunjukan dan atraksi air mancur menari yang sangat populer dengan sebutan dance fountain. Pertunjukan spektakuler yang sangat indah ini digelar setiap jam sekali pada pukul 19:00, 20:00 dan 21:00 WIB. Saat acara ini digelar, dipastikan suasana akan terasa makin meriah dan penuh dengan tepuk tangan.

Air mancur menari atau dance fountain merupakan sebuah atraksi yang diselenggarakan di tengah danau buatan dalam komplek Taman Jurug. Di tengah danau buatan tersebut, akan muncul semburan air besar dengan penampakan yang sangat berbeda dengan air mancur biasa.

Warna semburan airnya tidak hanya putih saja namun juga merah, kuning, ungu, hijau, biru dan sebagainya. Kadangkala warna-warna tersebut muncul secara bersamaan kemudian pada menit berikutnya akan muncul bergantian.

Warna-warna yang sangat indah dan memikat hati ini bersumber dari cahaya puluhan lampu khusus yang dipasang dalam danau dan sekitarnya. Sebuah panorama yang selalu memukau hati akan selalu terhidang di hadapan mata ketika atraksi ini digelar.

Istimewanya lagi, saat pertunjukan air mancur menari tersebut digelar selalu diiringi dengan lantunan lagu dan masuk. Dan yang membuat penonton jadi makin terkesima yaitu pancaran dan gerakan tari pada air mancur tersebut selalu selaras dengan irama musiknya.

Karena itu, jika sedang libur di Solo pada malam hari sediakan waktu khusus untuk datang ke obyek wisata alam bernuansa kekinian tersebut. Apalagi selain pertunjukan air mancu menari masih ada daya tarik lainnya yang bisa dinikmati yaitu ratusan lampion dengan ukuran yang bermacam-macam dan tersebar di setiap sudut area.