Sajian Kuliner di Kawasan Keprabon Solo yang Sayang Dilewatkan

Saat menginap di hotel di Solo serta berniat untuk wisata kuliner, salah satu kawasan yang harus traveler singgahi adalah kawasan Keprabon. Di tempat ini begitu banyak obyek wisata kuliner legendaris khas Solo yang sayang jika hanya dilewatkan begitu saja. Apalagi area ini sangat mudah diakses, karena terletak persis di pusat kota.

Sekilas tentang Keprabon

Keprabon merupakan sebuah kalurahan yang secara adminitrastif menjadi bagian Kecamatan Banjarsari. Daerah ini hampir setiap hari selalu ramai terutama di malam hari. Penyebab dari keramaian ini antara lain yaitu karena letaknya sangat dekat dengan beberapa destinasi wisata sekaligus.

Mulai dari Istana Pura Mangkunegaran, Kraton Kasunanan, Pasar Triwindu, Pasar Legi dan Pasar Ngarsopuro, sangat mudah dijangkau dari Keprabon. Selain itu Keprabon juga menjadi salah satu jalur menuju jalan utama di kota Solo yaitu Jalan Slamet Riyadi. Karena itu jangan heran jika Keprabon selalu ramai karena sering didatangi oleh wisatawan.

Aneka hidangan khas yang tersaji

Ada banyak sekali pilihan hidangan tradisional khas Solo yang bisa dinikmati kelezatannya di kawasan Keprabon Solo. Satu diantaranya adalah nasi liwet. Banyak yang menyebutkan jika Keprabon merupakan sentra nasi liwet di kota Solo.

Nasi putih yang mempunyai rasa gurih, ditemani dengan sayur labu siam serta suwiran ayam jadi daya pikat utama masakan ini. Rasa gurih dari nasi yang dimasak dengan menggunakan santan selalu memunculkan sebuah kelezatan yang sangat istimewa.

Hidangan lain yang tidak kalah menarik untuk disantap adalah ayam geprek. Rasa ayam yang lezat serta pedasnya sambal memang menjadi daya tarik dari sajian kuliner ini. Di Keprabon, sangat mudah menjumpai warung makan yang menjadikan hidangan ini sebagai menu utama.

Kemudian ada soto yang kelezatannya selalu menjadi bahan pembicaraan di kalangan pecinta wisata kuliner tradisional. Di Keprabon pula, terdapat beberapa lapak kaki lima maupun resto yang siap menghidangkan masakan ini pada semua pengunjung.

Masakan khas lainnya yaitu gudeg juga sangat gampang dijumpai di Keprabon. Beda dengan gudeg dari Yogyakarta, gudeg asli Solo memiliki citarasa yang tidak terlalu manis dan dipadu dengan rasa gurih. Bahan utama yang digunakan tetap saja, buah nangka muda. Tetapi untuk penampilannya, gudeg Solo terlihat lebih terang dibanding gudeg Yogyakarta.

Harga yang sangat terjangkau

Para pecinta wisata kuliner tak perlu takut menjelajahi kawasan Keprabon untuk memuaskan selera menikmati aneka sajinan makanan. Harga setiap hidangan makanan di tempat ini selalu dibandrol dengan harga murah, tidak akan mencekik leher. Bahkan apabila sedang beruntung bisa menyantap makanan sambil menikmati atraksi musik tradisional dari pengamen keliling