Sate Kambing Tambak Segaran Solo, Menikmati Sate dengan Bentuk yang Berbeda

Ada salah satu tempat yang pas untuk menikmati sajian sate di Solo. Tempat tersebut adalah Sate Kambing Tambak Segaran. Bagi traveler penyuka kuliner sate, Sate Kambing Tambak Segaran sudah seperti kuliner wajib yang harus dikunjungi, apalagi untuk pengemar aroma manis.

Berdasarkan cerita, Sate Kambing Tambak Segaran ini merupakan hasil kreasi keturunan Tionghoa yang punya nama Liem Hwa Yoe. Dia mulai berjualan di Tambak Segaran tahun 1948 yang lalu.

Sate Kambing Tambak Segaran berlokasi di Jl. Tambak Segaran 39. Untuk menuju ke lokasi tersebut, traveler bisa menggunakan berbagai moda transportasi seperti angkutan kota, ojek, hingga taksi. Jika traveler menggunakan kendaraan pribadi, traveler bisa mencari lokasi Sate Kambing Tambak Segaran ini melalui Google Map.

Memang tidak banyak hotel di Solo yang lokasinya dekat dengan Jl. Tambak Segaran. Tetapi karena kemudahan aksesnya, pecinta wisata kuliner yang sedang singgah di kota ini tentunya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan menikmati hidangan Sate Kambing Tambak Segaran ini.

Bentuk sate yang berbeda

Untuk penggemar sate kambing di Solo, Sate Kambing Tambak Segaran mungkin tidak asing lagi. Sate Kambing Tambak Segaran berbeda dengan sate pada umumnya. Sate di sini terbuat dari daging cincang dengan balutan lembaran lemak kambing tipis. Inilah yang membuatnya disebut sebagai sate buntel. Buntel memiliki arti balut atau bungkus.

Pembuatan sate buntel ini dengan cara mencincang kambing dan dibumbui dengan berbagai rempah untuk membuat citarasanya menjadi lebih kuat. Ketika dibakar, lemak pembungkus akan lumer dan meresap dalam daging kambing. Inilah yang membuat aroma menjadi lebih menggugah selera.

Cara mengolahnya yang unik juga membuat daging kambing terasa empuk serta memiliki aroma khas. Jangan salah, meski traveler sedang menyantap daging kambing, namun traveler tidak akan mencium aroma bau kambing.

Sebetulnya, salah satu cara untuk membuat daging kambing menjadi lebih empuk adalah membuang semua otot kambing. Otot tersebut nantinya masih dapat diolah menjadi masakan lain atau sebagai campuran bumbu sate.

Meski mengusung sajian utama berupa sate kambing, depot Sate Kambing Tambak Segaran ini juga menawarkan berbagai macam menu lainnya yang menggunakan bahan dasar daging kambing. Mulai dari gulai, thengkleng, rica-rica hingga nasi goreng kambing, semua tersedia lengkap dan selalu siap memanjakan lidah pengunjung.

Untuk minumannya sendiri terdiri dari beberapa macam pilihan seperti es teh, es jeruh, lemon tea, teh hangat dan sebagainya. Meski merupakan warung lawas, namun obyek wisata kuliner yang satu ini tetap mampu memberikan layanan yang sangat ramah dan memuaskan bagi para pengunjung.