Tips Berkunjung Ke Keraton Kasunanan Solo Bagi Wisatawan

Keraton Kasunanan Solo merupakan salah satu wisata budaya yang berada di Surakarta, Jawa Tengah. Kurang lengkap rasanya saat singgah ke Solo, tetapi traveler tidak mengunjunginya. Namun melakukan kunjungan di Keraton Kasunanan Solo tentu tak bisa sembarangan, seperti saat mengunjungi tempat wisata lain.

Suasana komplek keraton

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan ketika memasuki komplek wisata budaya dan wisata sejarah sekaligus wisata pendidikan tersebut. Keraton Kasunanan Solo berbeda dengan tempat wisata yang memiliki nuansa hiburan.

Keraton Kasunanan Solo adalah obyek wisata yang kondisi dan suasananya selalu hening dan tidak ada hingar bingar didalamnya. Segala kegiatan para abdi dalemnya selalu dilaksanakan dengan penuh kesopanan tanpa ada pembicaraan yang berlebihan kecuali saat istirahat.

Suasana hening ini akan makin terasa ketika masuk ke dalam bangunan-bangunan utama dan museumnya. Terlebih lagi pada tempat-tempat tertentu yang dianggap sakral seperti Sasana Sewaka, Panggung Sangga Buwana dan sebagainya.

Tips kunjungan

Sebelum menikmati keindahan serta kemegahan Keraton Kasunanan Solo para traveler wajib untuk mematuhi beberapa peraturan. Misalnya diperbolehkan menggunakan kacamata hitam, topi, celana pendek, jaket dan sandal. Sebetulnya wisatawan tetap boleh menggunakan sandal namun harus dilepas ketika memasuki komplek keraton. Jadi sebaiknya memakai sepatu saja.

Kemudian apabila sudah terlanjur hanya mengenakan celana pendek atau baju tanpa lengan, tetap memiliki kesempatan untuk masuk. Hanya saja, sebelum masuk harus meminjal dahulu pakaian khusus yang disediakan oleh pihak pengelola.

Mungkin hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga tradisi dan budaya Keraton Kasunanan Solo yang begitu menjunjung tinggi nilai kesopanan. Apalagi mengingat tempat ini dulunya merupakan pusat pemerintahan, dimana siapa saja yang masuk harus selalu menutup anggota tubuhnya.

Tips selanjutnya, siapkan uang untuk biaya tiket masuk. Sebenarnya, tiket masuk Keraton Kasunanan Solo hanya dibanderol sebesar Rp 10 ribuan, tetapi bila membawa kamera dikenai tiket tambahan Rp 2 ribu. Kemudian apabila menggunakan jasa pemandu, harus menyediakan uang lagi namun nilai pembayarannya secara sukarela saja.

Selain itu jangan lupa untuk selalu ingat jam berkunjung Keraton Kasunanan Solo. Keraton Kasunanan Solo buka mulai dari hari Senin hingga Kamis dari jam 08.30 hingga 14.00 WIB, Sedangkan hari Sabtu dan Minggu, buka dari pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Lalu khusus untuk hari Jum’at tidak dibuka untuk umum kecuali tamu khusus.

Sebagai tips terakhir, sebelum berkunjung ke obyek wisata sejarah dan budaya ini pilih hotel di Solo yang lokasinya tidak terlau jauh dari kawasan tersebut. Tujuannya adalah agar dapat menyingkat waktu perjalanan akibat lalu lintas yang ramai dan padat.